Nikmatnya, Bunga Tegaron Beloan
Nikmatnya, Bunga Tegaron Beloan

Pencarian

  • Feed
,
IMG_20200630_073625.jpg

Nikmatnya, Bunga Tegaron Beloan

Keterangan Foto : MELIMPAH : Panen bunga tegaron beloan sangat melimpah. Sayuran bunga tegaron menggiurkan.

BERITA KUBAR - Pasca banjir panen ikan di Kampung Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur disusul bunga tegaron. 

Etnis Kutai menyebutkan tegaron. Etnis lainnya seperti Banjar menyebutnya tigarun atau tigaron.


Ratusan pohon tegaron tumbuh bebas di kawasan rawa di Kampung Muara Beloan. Hampir tak ada nilainya. Mungkin tidak ada inisiatif yang memanennya. Lantas menjual ke pasar-pasar ibu kota kecamatan atau pasar ibu kota kabupaten. Bisa jadi dugaan lain. Seperti tidak diminati banyak masyarakat.

Padahal bunga tegaron, sayuran warisan bisa dibuat lalapan. Jika diolah oleh para ahli kuliner menjadi makanan yang menggiurkan. Sedikit pahit. Mirip daun pepaya. Namun bunga tegaron sedikit beda. Jika dikunyah ada rasa khas yang nyaman di lidah. Apalagi disatukan dengan sambel terasi. Kemudian disatukan ikan bakar. "Kebanyakan orang Banjar, bunga tigarun (tegaron), setelah dipetik lalu dibersihkan. Kemudian direndam dengan air hangat. Setelah beberapa jam sudah bisa dikonsumsi," kata Vherra Solita, Ketua TP PKK Kampung Muara Beloan. Ada juga cara lain mengolahnya, saat disiram air panas. Ditambahkan garam secukupnya atau sesuai selera. Kemudian ditambahkan lagi air jeruk nipis. "Semuanya kembali kepada selera," terangnya.

Bunga tegaron, kata dia, sebenarnya sayuran yang sangat digemari warga. Khususnya etnis Kutai di bumi Kalimantan Timur. Tidak saja. Menjadi makanan idola saudara kita dari Banjar atau Kalimantan Selatan.

Secara leluhur, bunga tegaron juga baik bagi kesehatan. Namun secara medis, belum diketahui. Diharapkan, para ilmuwan kesehatan bisa meneliti dampak mengonsumsi bunga tegaron bagi kesehatan. "Saya kira bunga tegaron memiliki khasiat bagi kesehatan. Tak bedanya lalapan daun pepaya," ucapnya.


Terkait melimpahnya bunga tegaron, menawarkan kepada para pihak yang berminat bisa menghubungi PKK Kampung Muara Beloan. Khususnya para pemilik usaha sayur. "Atau secara pribadi bisa menghubungi kami. Mumpung bunga tegaron sangat melimpah di kawasan rawa Kampung Muara Beloan," terangnya. Satu ikat memuat 10 tangkai bunga tegaron dijual Rp 5 ribu. (rud)

Kabar Sebelumnya

(0) Komentar


Tinggalkan Komentar