Berburu Oleh-oleh di Beloan
Berburu Oleh-oleh di Beloan

Pencarian

  • Feed
,
InShot_20200907_074314391.jpg

Berburu Oleh-oleh di Beloan

Keterangan Foto : BANYAK PILIHAN : Berbagai kemasan makanan olahan berbahan ikan di Muara Beloan bisa menjadi andalan oleh-oleh.

INFO BELOAN - Tangkapan ikan melimpah tapi belum diolah hingga menghasilkan pendapatan yang menjanjikan. Melalui tangan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kampung Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur mulai mewarnai home industri atau kerajinan makanan olahan rumah tangga. Kini disulap menjadi makanan khas oleh-oleh Kampung Muara Beloan.

 

Ikan biawan, tidak saja menjadi ikan asin. Tapi berbuah kerupuk ikan. Unik rasanya. Jika sudah digoreng, mirip aroma dan rasa ikan pipih atau belida.

Demikian juga ikan bilis adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Kini menjadi cemilan ibu rumah tangga. 

"Semua makanan olahan yang dibuat ini hasil karya ibu rumah tangga. Tapi kami (TP PKK) Muara Beloan yang membantu mengemas dan mengarahkannya," kata Ketua TP PKK Kampung Muara Beloan Vherra Solita. 

Khusus kerupuk ikan, kata dia, telah dibantu oleh PT Teguh Sinar Abadi (TSA), perusahaan tambang batu bara. Selain diberikan bimbingan pembuatan kerupuk ikan dengan mendatangkan ahli pembuat kerupuk dari Kecamatan Melak Hj Artini. Ibu rumah tangga di Kampung Muara Beloan juga disediakan peralatan pengolahannya. Mulai dari mesin penggilingan ikan hingga mesin adonan bahannya. Termasuk sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Hingga kini papar Vherra, sudah 9 kemasan ikan yang dipasarkan. Mulai kemasan ikan asin haruan, biawan, bilis, dan baong. Untuk makanan olahan berupa kerupuknya yakni kerupuk ikan biawan, ikan kandia/kendiak, ikan haruan. Tersedia juga pengolahan ikan asp atau ikan salai. Yang juga unik, ada dikemas garam peda. Garam peda perpaduan ikan asin ini sangat cocok untuk rujak alias pencok (bahasa Kutai).

Oleh-oleh khas Muara Beloan ini dipasarkan dengan kemasan dan harga yang bervariasi. Ikan asin biawan satu kemasan Rp 20 ribu, haruan Rp 45 ribu, baong Rp 30 ribu, ikan bilis Rp 15 ribu. 

Kerupuk biawan dan kendiak Rp 28 ribu, haruan Rp 36 ribu dan garam peda Rp 15 ribu per botol.

Semua pengemasan ini diolah secara higienis dan halal. Pemesanan bisa langsung ke Kampung Muara Beloan atau nomor wa 081314242422 atau telepon 08131348488. " Semua kemasan ini sangat cocok untuk oleh-oleh bagi keluarga atau teman bahkan buat bingkisan  para pejabat dan kerabat," katanya.(rud).

Kabar Sebelumnya

(0) Komentar


Tinggalkan Komentar