Berbahaya, Ini Makanan Di Sekolah
Berbahaya, Ini Makanan Di Sekolah

Pencarian

  • Feed
,
images_(51).jpeg

Berbahaya, Ini Makanan Di Sekolah

Keterangan Foto : ILUSTRASI

KABAR KUBAR - Kesehatan anak didik di Kutai Barat ( Kubar ) terancam. Jajanan sekolah kerap lepas dari pengawasan, sehingga anak didik mengonsumsi jajanan yang mengandung bahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan. Ancaman lain menghantui juga, masuknya peredaran narkoba yang merusak anak usia dini.

 

"Modus peredaran narkoba pun beragam. Banyak cara mereka merasa generasi bangsa. Anak sekolah juga menjadi target. Karena pemikiran anak masih labil," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kubar Silvanus Ngampun kepada media ini.

 

Solusinya, kata dia adalah memperketat sejumlah kantin sekolah. Cara ini bisa mencegah interaksi dari pihak luar pada saat jam sekolah. "Peran aktif semua elemen harus  ketat mengawasi anak-anak," tegas Silvanus.

 

 

 

 

 

 

 

 

Wakil Bupati Kubar Edyanto Arkan mengatakan, untuk mengantisipasi beredarnya makanan berbahaya itu, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kubar bersama instansi terkait, secara berkala mensosialisasikan, monitoring dan melakukan uji sampel terhadap jajanan anak di sekolah.

 

Selain itu, orangtua bisa berperan aktif dalam mengawasi jajanan anak. Pihak sekolah diharapkan, dapat menggiatkan kembali unit berbasis kesehatan misalkan, usaha kesehatan sekolah (UKS) dan pemberdayaan kantin sekolah sebagai parameter, sekaligus pembelajaran dalam menyajikan jajanan bersih, sehat, dan bergizi.

 

“Ada beberapa cara yang dapat membantu orangtua untuk mengurangi kebiasaan jajan anak, yakni jangan intervensi anak, alihkan perhatian dan cari sosok inspiratif,” sarannya.

 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Rita Sinaga masih melakukan berkoordinasi mengenai pengawasannya. "Saya komunikasi dengan Kasinya dulu ya" tutup Rita melalui pesan Whatsapp, kemarin. (luk)

Kabar Sebelumnya

(2) Komentar


Tinggalkan Komentar