Awas Calo Nikah, Usia Minimal 19 Tahun
Awas Calo Nikah, Usia Minimal 19 Tahun

Pencarian

  • Feed
,
KB-30-Kasi__Bimas_Islam_Kantor_Kemenag_Kubar.jpg

Awas Calo Nikah, Usia Minimal 19 Tahun

Keterangan Foto : HARUS DIPAHAMI: Kasi Humas Islam Ikran (kanan) mengingatkan jangan pakai calo nikah dan usia minimal 19 tahun.
image
Kabar Kubar Mahulu
11 Bulan lalu
Government
489 View
0 Comments

BERITA KUBAR - Masyarakat yang ingin mendaftar pernikahan harus mematuhi aturan ditetapkan pemerintah melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan. Imbauan ini menyikapi masih ada oknum menjadi calo pernikahan dan menjanjikan mempermudah pengurusan persyaratan pernikahan.

Hal ini menjadi imbauan disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kubar Muhammad Izzat Solihin melalui Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Ikran.

Diketahuinya hal ini setelah Seksi Bimas Islam tmelakukan monitoring di sepuluh KUA di wilayah Kubar. Sebagai bentuk tanggung jawab pengawasan pelayanan pada masyarakat rutinitas ini dilakukan setiap tahunnya. Hasil dari kegiatan monitoring masih ditemukan laporan yang menyimpang dari aturan yang ada. Kemenag terus mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan hal yang tidak sesuai dengan aturan, dan tak tanggung-tanggung bila diketahui ada oknum dari pegawai Kemenag sendiri tentu ada dikenai sanksi .

Perlu diketahui bersama bahwa untuk saat ini kepala KUA menginginkan setiap pasangan pengantin untuk hadir di KUA sendiri melakukan seksi wawancara terlebih dahulu.

Dari KUA Kecamatan Penyinggahan hingga terakhir pada KUA Kecamatan Barong Tongkok tak luput dari kegiatan monitoring.

Pada kasus lain, syarat peserta nikah salah satunya harus berumur minimal 19 tahun. "Bagi mereka yang belum sampai pada batas umur tersebut terpaksa harus mendapatkan izin dari pihak Pengadilan Agama Kubar terlebih dahulu," kata Ikran. (HMS36)

Kabar Sebelumnya

(0) Komentar


Tinggalkan Komentar